Membangun Rumah di Lahan Mini

Membangun Rumah di Lahan Mini

Membangun Rumah di Lahan Mini. Seseorang pasti membutuhkan tempat untuk tinggal dan berlindung. Rumah sudah menjadi salah satu kebutuhan primer seseorang yaitu papan, sandang, dan pangan. Namum seiring masa berlalu semakin kesini harga tanah semakin mahal, mengingat jumlah atau populasi penduduk semakin bertambah namun jumlah atau populasi tanah tidak bertambah. Sesuai dengan hukum semakin tinggi permintaan dan penawaran tetap maka membuat harga tanah menjadi semakin mahal.

Nah pada kondisi ini anda dihadapkan pada kondisi apakah ingin membeli rumah sekaligus tanah atau kah tanah saja lalu membangun sendiri. Tentunya jika di hitung secara cermat, sudah tidak menjadi rahasia umum seorang makelar atau dealer pada bisnis properti pasti mencari untung dalam proses transaksi jual beli rumah.

Sebaiknya anda memperhitungkan betul untuk membeli rumah jadi atau membangun rumah, lebih irit untuk membangun rumah walau memerlukan waktu. Sebisa mungkin anda dalam membeli rumah jangan menggunakan makelar atau perantara langsung saja ke tangan pertama karena bisa menghemat ongkos anda dan bisa digunakan untuk keperluan lain.

Sekarang sudah banyak orang yang menjual tanah mini atau kavling. bagi anda yang mempunyai bugjet atau ongkos pas-pasan, terutama keluarga baru tanah kavlingan ini sangat membantu. Sebaiknya anda membeli tanah kavling ini dulu. Walau tanah kavling ini berukuran kecil atau mini namun ukuran tersebut sudah sangatlah cukup untuk membuat suatu hunian untuk bertempat tinggal yang nyaman dan aman.

Dari kondisi diata penulis akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara memanfaatkan lahan mini untuk membangun sebuah rumah hunian yang nyaman dan aman atau dengan kata lain membangun rumah di lahan mini. Tentunya anda pasti memikirkan, bagaimana caranya membuat rumah dilahan sempit. Apa tidak sesak ruangan dalam rumah dan kelihatanya pasti akan amburadul bukan.

Membangun Rumah di Lahan Mini

Namun jangan salah ada banyak jalan menuju roma, ada banyak jalan dalam membangun rumah juga. Berikut adalah tip-tips jitu dalam membangun rumah di lahan sempit :

  • Pertama, buatlah skala prioritas ruangan apa saja yang anda butuhkan. Sebagai contoh misal anda mempunya satu istri dan dua anak, maka ruangan yang wajib anda miliki adalah kamar mandi atau wc, dapur, dua kamar tidur untuk anda dan istri anda serta satu kamar untuk dua anak anda. Pada awal membangun rumah pastikan jangan terlalu boros membangun ruangan jika satu ruangan kamar tidur bisa dipakai dua orang maka manfaatkanlah.
  • Langkah berikutnya adalah usahakan jangan terlalu banyak dinding pemisah, hal ini justru akan membuat rumah menjadi sumpek dan sempit. Sebagai contoh misalkan antara ruang tamu dan keluarga dijadikan satu akan terlihat lebih luas bukan. Maka sebisa mungkin efisienkan ruangan anda.
  • Setelah anda sudah menentukan ruangan apa saja yang dibutuhkan konsultasikan dengan arsitek bagaimana desain atau sketsa rumah dan ruangan yang baik. Tips yang paling penting jangan hanya menginginkan bentuk rumah yang indah tetapi juga harus memenuhi standa-standar rumah yang layak seperti pencahayaan yang cukup, tingkat kelembaban rumah dan sirkulasi udara yang paling penting.

Demikian cara memanfaatkan lahan sempit untuk membangun rumah hunian yang nyaman dan aman. Anda tidak perlu pusing untuk membeli lahan yang besar, karena rumah yang nyaman dan aman tidak harus besar. Asalkan anda benar-benar merencanakan dengan matang rumah mini anda akan jauh lebih nyaman dan aman dibanding istana kerajaan. Cintailah rumahmu sobat karena rumahmu lah anda bisa beristirahat dengan nyaman dan aman.

 

BACA JUGA: Tips-tips Membeli Rumah Idaman bagi Keluarga Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *